RSS

Termometer

10 Mar

Termometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur suhu (temperatur), ataupun perubahan suhu. Istilah termometer berasal dari bahasa latin thermo yang berarti bahang dan meter yang berarti untuk mengukur.

Jenis-jenis termometer

- Termometer Raksa

Termometer yang pipa kacanya diisi dengan raksa disebut termometer raksa. Termometer raksa dengan skala celcius adalah termometer yang umum dijumpai dalam keseharian.

Termometer raksa

* Keuntungan

1. Raksa mudah dilihat karena mengkilap.

2. Volume raksa berubah secara teratur ketika terjadi perubahan suhu.

3. Raksa tidak membasahi kaca ketika memuai atau menyusut.

4. Jangkauan suhu raksa cukup lebar dan sesuai untuk pekerjaan laboratoriun (-40 derajat Celcius s/d 350 derajat Celcius)

5. Raksa dapat terpanasi secara merata sehingga menunjukkan suhu cepat dan tepat.

* Kerugian

1. Raksa mahal

2. Raksa tidak dapat digunakan untuk mengukur suhu yang sangat rendah (misalnya suhu di kutub utara dan kutub selatan)

3. Raksa termasuk zat berbahaya (sering digunakan “air keras”) sehingga termometer raksa berbahaya jika tabungnya pecah.

- Termometer Alkohol

termometer alkohol

* Keuntungan

1. Alkohol lebih murah dibandingkan raksa

2. Alkohol terliti, karena untuk kenaikana suhu yang kecil, alkohol mengalami perubahan volum yang besar.

3. Alkohol dapat mengukur suhu yang sangat dingin (misalnya suhu di daerah kutub) karena titik beku alkohol sangat rendah yaitu -112 derajat celcius.

* Kerugian

1. Alkohol memiliki titik didih rendah yaitu 78 derajat Celcius sehingga pemakaiannya terbatas (antara lain tidak dapat mengukur suhu air ketika mendidih.

2. Alkohol tidak berwarna, sehingga harus diberi warna terlebih dahulu agar mudah dilihat .

3. Alkohol membasahi (melekat) pada dinding kaca.

Beberapa termometer dalam keseharian.

- Termometer Klinis

Biasa digunakan para dokter & perawat untuk mengukur suhu tubuh manusia.

Termometer klinis

- Termometer Dinding

Umumnya termometer dinding dipasang tegak di dinding sebuah ruang dan digunakan untuk mengukur suhu ruangan.

Termometer Dinding

- Termometer Max & Min Six

Suhu dalam sebuah rumah kaca, yaitu rumah digunakan untuk menanm tanaman sebagai bahan penelitian, umumnya diukur dengan menggunakan termometer max & min six.

max-min-thermometer

Jenis-jenis termometer yang lain

1. Termometer Gas

Pada prinsipnya jika suhu naik, tekanan gas naik dan dihasilkan beda ketinggian h yang lebih besar pada termometer.

2. Termometer Platina

3. Termometer Termistor

4. Termometer Termokopel

5. Termometer Bimetal

6. Pirometer

About these ads
 
27 Komentar

Posted by pada 10 Maret 2009 in FISIKA

 

Tag:

27 responses to “Termometer

  1. fittra

    12 Maret 2009 at 10:18 am

    boss liat blog aq ya…..jangan lupa komentar…sipppp

     
  2. fittra

    12 Maret 2009 at 10:19 am

     
  3. jamel virgiawan

    12 Maret 2009 at 11:37 am

    kk blog na keren banget

    jangan lupa liat blog aku yaa

    http://jamelblog.wordpress.com/

     
  4. jamel virgiawan

    13 Maret 2009 at 9:31 am

    alo kk

    blog na keren bgt

    jgn lupa kunjungin blog saya yaa

    http://jamelblog.wordpress.com/

     
  5. Fakhrul Arifin

    13 Maret 2009 at 9:35 am

    siiiiiiiiiiiip

     
  6. Fakhrul Arifin

    13 Maret 2009 at 9:35 am

    siiiiiiiiiiiiip

     
  7. Fakhrul Arifin

    13 Maret 2009 at 9:35 am

    suuuuuuuuuuuuuuo

     
  8. gytha

    19 Maret 2009 at 3:43 pm

    kurang lengkap ney…

     
  9. ARif

    20 Maret 2009 at 2:18 pm

    thx atas kritikny…

    ntar dilengkapin lg…..

    thx y dah mampir…

     
  10. aris

    17 Juli 2009 at 3:27 pm

    minta harga termometer dinding hub 081373000772

     
  11. farah

    25 Agustus 2009 at 3:49 pm

    thx ya infonya, btw kira2 brp harga bt termometer raksa ya kalo beli dalam partai besar & dimana belinya?? thx

    klo sempet, tolong info in ke parah.cute@gmail.com ya… thx a lot (lg perlu bgt nih, insyaA bt souvenir nikah) :d

     
  12. Luthfi Aziz

    18 Oktober 2009 at 9:31 pm

    dapat dari mana tuh cakep amat isinya. tolong kirim ke Email aku ya

     
  13. ARif

    10 Januari 2010 at 8:56 pm

    ok…

     
  14. denindodutacipta

    24 Februari 2010 at 10:15 pm

    SALAM KENAL dan SALING MENGUNJUNGI serta SALING BERBAGI.WAH…WEB-NYA CUKUP INFORMATIF …OYA,BISA PASANG BANNER/LINK GA YAH…???
    HTTP: / / DUTACIPTA.WORDPRESS.COM :roll:

     
  15. nelson simbolon

    19 April 2010 at 7:47 pm

    keren !!!!!!!!!!
    mkasih bgt da…….
    materinya ga basa-basi.

     
  16. Andy

    20 April 2010 at 7:21 pm

    Minta info ttg Termometer utk mngukur suhu perairan air laut di pantai dong. saya ingin pesan utk beli.
    Terima kasih. Andy – Ambon

     
  17. angela

    11 Mei 2010 at 6:13 pm

    kok gak ada yang lain ?
    gimana mau kerja pr sekolah ?

     
  18. akina varahumica

    14 Mei 2010 at 1:36 pm

    aq 5u tanya perbedaan dan persamaan termometer batang n termometer

     
  19. Nurul Hidayah

    11 Agustus 2010 at 8:19 am

    Thanks infonya

     
  20. Adhelia

    1 November 2010 at 5:21 am

    Hmmm… makasih… sngt mmbantu q…blog ny baguz bgt… q jdi gak sah repot-repot bwd tgaz dr school… hehehehe

     
  21. muspitta97

    15 September 2011 at 8:50 pm

    tengkyu gan infonya :)

     
  22. anisya cihuy

    25 Oktober 2011 at 11:06 am

    wkk…wkk…wkk…

     
  23. Jensiss

    27 Januari 2012 at 12:50 pm

    bnerr nii kurang lengkapp..

     
  24. Anha

    5 Maret 2012 at 12:50 pm

    Terima kasih atas info.x kak. . .

     
  25. samidi

    6 Agustus 2012 at 3:33 pm

    makasih walaupun ngak lengkap
    :p

     
  26. wani cciee mora

    11 Agustus 2012 at 6:36 am

    makasih yea atas info nya……. :)

     
  27. naila

    25 September 2012 at 8:42 pm

    info yang berguna

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: