RSS

Konfigurasi DNS Server Windows 2003 Server

23 Feb

DNS (Domain Name System, bahasa Indonesia: Sistem Penamaan Domain) adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host maupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer, misalkan: Internet. DNS menyediakan alamat IP untuk setiap nama host dan mendata setiap server transmisi surat (mail exchange server) yang menerima surat elektronik (email) untuk setiap domain.

Langkah-langkah konfigurasi DNS Server

1. Pertama kita masukkan CD Windows Server 2003 pada CD-ROM

2. Mulai dengan klik start menu

3. Lalu pilih “Control Panel”

4. Kemudian pilih “add or remove programs”. Setelah anda memilih Add or remove a rool, computer akan bekerja dan segera tampil tayangan berikutnya.

5. Tidak lama setelah itu, computer menampilkan semua komponen yang telah diinstall. Lalu kita pilih “add or remove windows components”

6. Pada windows components pilih “Networking services” untuk menginstall apa yang kita butuhkan.,

7. Kemudian pilih “Detail”

8. Pada detail networking services, beri tanda “centang” pada DNS. Kemudian Next untuk melanjutkannya

9. Tunggu beberapa saat supaya computer mencopy file dari Cd. Lalu Finish

10. Setelah DNS diinstall, pilih “DNS” pada “Administrative tools”

11. Setelah tampil klik kanan pada “Forward Lookup Zones”, lalu kita pilih “New Zone…”

12. Klik Next untuk melanjutkannya.

13. Pada “Zone Type” atau Tipe zona, kita pilih “Primary zone”. Lalu klik next untuk keterangan selanjutnya.

14. Setelah itu kita akan mengisi nama zona. Contohnya :

· Zone name : boss.com

Lalu klik next lagi.

15. Setelah itu muncul kotak dialog “Zone File”. Kita akan memilih “Create a new file with this file name” untuk membuat file baru dengan nama yang tertera pada bawah option. Setelah itu klik next

16. Pada “Dynamic Update” biarkan saja pilihan kita pada “Do not allow dynamic updates”. Kemudain klik next

17. Setelah semua Complete., klik Finish.

18. Pada folder Forward Lookup Zones telah ada folder boss.com. sekarang kita akan membuat “Host” pada folder “boss.com”

19. Klik kanan pada “boss.com”, lalu pilih “New Host(A)…”

20. Lalu kita isi nama dan IP Addressnya. Contoh :

· Name (uses parent domain name if blank) : www

· IP_address : 172.24.0.1

Setelah diisi, klik “Add Host”. Host pun telah terbuat. Lalu kita akan membuat Alias baru atau pengganti nama dari IP Address menjadi nama server

21. Klik kanan pada “boss.com”, lalu pilih “New Alias (CNAME)…”

22. Pada “New Resource Record”, isi nama pada “Alias name (uses parent domain if left blank)”. Lalu klik “Browse untuk mencari host yang telah kita buat sebelumnya tadi. Kemudian klik ok

23. Konfigurasi DNS pun selesai

Kesimpulan

DNS (Domain Name Server) adalah mentranslate atau mengubah sebuah IP Address menjadi sebuah nama yang disebut dengan Domain, ataupun sebaliknya.

 
43 Komentar

Ditulis oleh pada 23 Februari 2009 in WINDOWS SERVER

 

Tag:

43 responses to “Konfigurasi DNS Server Windows 2003 Server

  1. Maralisa

    20 Maret 2009 at 10:33 am

    Assalamu alaikum…

    Nma sy Maralisa Aulia Rahmi, sebut saja Icha. Saya bersekolah SMK al muslim kelas 2 jurusan TKJ……
    Saya agak bingung melihat kata2nya lebih baik saya sarankan memakai numbering atau bullets agar dapat dipahami!!

    Trims… (n_n)
    Wassalam….

     
  2. ARif

    20 Maret 2009 at 2:08 pm

    wa’alaikum salam…

    terimakasih ats sarannya.
    tpi saya bingung, yang mana ya yg hrus dikasih numbering lg????

    rasa saya smuanya sudah di kasih numbering….

    trims…
    wassalam…

     
  3. dian

    30 Juli 2009 at 9:00 pm

    sy dian. pemula di jurusan IT dan TKJ. sya cman mau tanya.
    apa emg konfigurasi tsb cuman bisa dilakukan di win server? emg apa klbhn win server tsb???
    tlg jawabannya kirim ke email saya. atau ke blog saya
    dhzalwayshere.blogspot.com

     
  4. fryonanda

    1 Oktober 2009 at 7:40 pm

    rul tanks ya tas infox…

     
  5. AFFIAN

    10 November 2009 at 8:51 am

    Saya mau tanya bagaimana cara setting DNS agar website kami bisa di akses melalui komp client. (intranet) bukan internet karena website saya ini akan digunakan siswa disekolah saya tolong beri solusi. jawaban bisa via e-mail

     
  6. ARif

    10 Januari 2010 at 9:01 pm

    samo2 sanak

     
  7. Rizki

    10 Maret 2010 at 12:51 am

    thx infona… baru tau nih spy alamat web d server yang tdinya ip d ganti jdi domain…

     
  8. Andra

    15 Maret 2010 at 10:34 am

    nambah host tu mksudx gmn bos? saya menambahkan alamt hostx tu facebook.com dgn ip 69.63.187.19 kok di FQDNx tu namanya facebook.com.connect.com???? sevr saya connect.com
    tlong kasih configurasinya secara lengkap di email saya.
    thanks

     
  9. Dudi Jamil Abdul Malik

    18 Maret 2010 at 5:22 pm

    Mau minta ilmunya donk? makasih yaa…

     
  10. ARif

    19 Maret 2010 at 7:47 pm

    silakan…
    klo da yg mw ditanyakan, tanyakan aj…
    klo aq bs, ntar aq jwb…

     
  11. Kai

    27 Maret 2010 at 6:10 pm

    Hi hi, blh tny ya.
    Saya lg biqn implementasi nih. Saya biqn nm web server d mn nmnya itu dpt jg d akses melalu IP public mis: 10.10.11.34. Berarti IISnya kn yg d setting. Nah pas cb buka pk IP public d browser itu keluar / ada hasilnya, tp kok pas pk nm webnya ga muncul ya? Itu kenapa?
    DNS/DNS Server bedanya apa?
    Kalo ga kberatan bs kirim k Email ya. Thankyou so MUCH!

     
  12. tony

    23 April 2010 at 10:40 am

    saya tony, cuma mau kasih masukan buat artikel diatas.
    alangkah lebih baik jika tutorial diatas dikasih picture untuk memperjelas pembahasan.
    terimakasih…

     
  13. khoiril

    28 April 2010 at 1:25 pm

    sip tutorialnya udah bagus kok (dipraktikkin udah jalan kok), kurang gambarnya aja mungkin hihi. Makasih ya

     
  14. Ridhwan

    26 Juli 2010 at 9:37 pm

    oke banget,tgas saya jdi selesai.makasih ya……

     
  15. ARif

    27 Juli 2010 at 1:55 pm

    sama-sama…
    ^_^
    thx atas kunjungannya

     
  16. okky

    3 Agustus 2010 at 10:40 pm

    nuhun kang info.n . .
    tugas sya jadi beres . . .

    P.L.U.R

     
  17. Fried Sinlae

    4 Agustus 2010 at 2:26 pm

    Terima Kasih ya…
    Saya sangat terbantu dengan blog yang Anda buat…

     
  18. Arifd

    21 Januari 2011 at 10:59 am

    Mz, numpang tanya dong,
    Gmn caranya seting IP publik di windows 2008-exchange 2010.
    Thx

     
  19. Berita teknologi

    6 April 2011 at 10:54 am

    halo para IT saya baru dalam dunia IT. saya mau tanya Untuk membuat Backup Server dalam windows server 2003(ketika server primery down kita bisa menggunakan server slave) bagai mana yach.. mohon bantuan para sesepuh

     
  20. dave

    8 April 2011 at 12:47 pm

    saya ingin bertanya begini, window server 2003 sya kok ga bisa dipake kirim email interent sbelumnya bisa dipake setelah di ganti routernya semuanya jadi ga bisa dipake email interen yg tadinya jalan, mohon penjelasan bagaimana cara mengatasinya terima kasih

     
  21. antok

    14 April 2011 at 10:36 am

    Assalamu alaikum…

    terima kasih banyak tentang arsip windows server 2003, arsip windows tersebut sangat membantu bagi sekolah kami untuk membangun server intranet dilingkungan sekolah. thanx’s banyak.

    antok
    Wassalam….

     
  22. adeulah

    6 Mei 2011 at 11:01 pm

    trims sekali ats pnjlasannya, :) sangat membantu praktek sy,

     
  23. anik

    8 Mei 2011 at 5:57 pm

    ijin minta materi diatas wad ngrjain tugas gan !!!!! thx

     
  24. cimi

    11 Juni 2011 at 10:12 am

    terimakasih sangant membantu sekali,pertnyaan saya untuk membuat host baru apakah harus diisi difolder “boss.com” atau kita bisa buat folder lainnya

    Terimakasih.

    Cimi

     
  25. ARif

    3 Juli 2011 at 5:46 pm

    sama2.. terimakasih juga atas kunjungannya :D
    jawaban untuk pertanyaanny :
    “boss.com” hanya sebagai contoh. Anda dpat membuat nama host & folder dengan nama lain.

    Terimakasih kembali

     
  26. Zainal

    13 Juli 2011 at 5:17 pm

    wah bagus bos artikelnya.. tanya bos: Saya beli domain (zainaleffendi.com) tetapi tidak dengan hosting, rencana saya hostingnya menggunakan komputer di rumah (jadi server), bagaimana mengkonfigurasinya agar domain saya bisa menggunakan server pribadi, terimakasih sebelumnya bos atas ilmunya.

     
  27. ciedarz

    11 Agustus 2011 at 8:19 am

    thanks erk….asigment yg saya wt menjadi lebih mudah dgn adanya information nie…

     
  28. Nurdin

    25 Agustus 2011 at 9:23 pm

    nmpang t?,. skrang klo mau shring ke PC yg laen 2 gmn cranya,.
    trus untuk PC penerima mesti gmn?

     
  29. Rhinie Herlina ClaluCbar

    14 September 2011 at 11:07 am

    makash,,,

     
  30. vallent

    20 September 2011 at 8:30 am

    Thanks atas infonya, kebetulan lagi belajar setting DNS untuk internal Server nich

     
  31. alan

    19 Oktober 2011 at 11:05 pm

    sebelumnya makasih
    ijin sedot….

    oya,klo mo setting hak acces setelah membuat user di server 2003 dg ketentuan
    user 1 bisa mengakses semua user
    user 2 bisa mengakses user 3,4 kecuali user 1
    user 3 bisa mengakses user 4 kecuali user 1,2

    gmn ya caranya…
    maklum newbie gan

     
  32. Agoes Lophe Kamoe

    27 Oktober 2011 at 12:19 pm

    makasih atas ilmu nya …

     
  33. ribut pujo

    17 November 2011 at 8:01 am

    makasih, gan info nya..klo boleh versi mac gmn ya?tolong di email kan ke saya ya gan..trims

     
  34. Descy Serizawa

    22 November 2011 at 1:42 pm

    wah bagus ne…diambil ne ilmu nya gan. ^_^

     
  35. Dedy

    23 Januari 2012 at 4:21 pm

    Windows Server 2003 saya Ngehank, trus saya resstar ko tiba-tiba gambar Di layar monitor’nya Rusak Pecah-pecah Dan Saat Loading Windows langsung ngeblank ga ada gambar di monitor + keyboard sama Mouse mati, tapi CPU’nya nyala kenapa yah??

    KK Arif saya minta tolong Bantuannya Terima Kasih,,,,!!!! callmewawan@gmail.com

     
  36. resumedini.blogspot.com

    2 Maret 2012 at 8:51 am

    mantabs… artikelnya alkhamdullilah sangat bemanfaat ..

     
  37. akriz

    26 April 2012 at 10:39 am

    maksih sanak atas infonya

     
  38. Nuha Creator'z

    9 Mei 2012 at 11:39 pm

    terima kasih agan
    sekarang DNS saya sudah bisa
    terima kasih atas infox

     
  39. edwien

    30 Juni 2012 at 9:16 am

    ane baru megang wind server 2003 . ane di suruh buat trafic gan .
    jd gini gan .
    ane punya 1 comp server os wind server 2003 .
    trus client nya ada 5 .
    dan 2 dari 5 client tersebut saya pengen buat agar mereka hanya bisa ngunjungi beberapa situs tertentu saja . jadi logika nya bila != trafic yang ditentukan , maka di tidak bisa . ada cara nya g kalo pake win server 2003 .

     
  40. karlina

    2 Desember 2012 at 5:44 pm

    assalamualaikum
    kalo sharing data di windows server apa aja yang harus di atur kak ?
    mohon bantuannya yah,
    trims

     
  41. rendra

    5 Maret 2013 at 3:48 pm

    trims gan, uda ane lihat tutornya

     
  42. Dodi

    24 April 2013 at 1:32 pm

    Woi padek jg info sanak ko

     
  43. johansbastian99

    17 Juli 2013 at 8:52 am

    gan ane ada maslah pada settingan entah dimanannya?
    tapi masalahnya ane punya web http://www.example.com
    dan ane pake windows server 2003 dns http://www.example.com
    jadi ketika ane mengunjungi http://www.example.com.
    malah masuknya ke iisnya server 2003.

    tolong bantuannya ya gan.

     

Tinggalkan Balasan

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

